Jokowi Beri Sinyal Tambah Menteri Perempuan di Kabinet

Jokowi Beri Sinyal Tambah Menteri Perempuan di Kabinet
Presiden Joko Widodo dan para Srikandi Kabinet di puncak PHI. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, RAJA AMPAT - Sembilan dari 34 menteri di Kabinet Kerja saat ini adalah perempuan. Kondisi itu menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah menteri perempuan terbanyak di dunia.

Sembilan Srikandi pembantu Presiden Joko Widodo itu adalah Menko PMK Puan Maharani, Menlu Retno Marsudi, Menkes Nila Moeloek, Menteri PPPA Yohana Yembise dan Menteri LHK Siti Nurbaya. Lima nama tersebut hadir dalam puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) di Waisai Torang Cinta (WTC), Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12).

Sementara empat lainnya yakni Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta Mensos Khofifah Indar Parawansa tidak hadir.

Di acara PHI kemarin, Presiden Jokowi pun berharap peran perempuan di masa depan akan meningkat. Termasuk menjadi menteri. "Mungkin malah ditambah (jumlah menteri perempuan nanti),’’ kata Jokowi.

Sementara Menteri PPPA Yohana Yembise berharap, perayaan tersebut jadi momentum meningkatkan potensi perempuan Indonesia. ’’Juga memberi kesempatan yang sama kepada laki-laki dan perempuan untuk bekerja sama membangun bangsa dan negara,’’ ujarnya. (byu)


Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah menteri perempuan terbanyak di dunia.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News