Jokowi dan Prabowo Hanya Menjadi Capres Wacana

Jokowi dan Prabowo Hanya Menjadi Capres Wacana
Jokowi dan Prabowo Hanya Menjadi Capres Wacana

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya menjadi calon presiden wacana. Pasalnya, mereka masih tergantung pada dukungan tokoh atau partai di luarnya.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfaraby menyatakan, elektabitas Prabowo tidak didukung dengan elektabilitas partai. Dalam sejumlah survei yang dilakukan LSI, elektabilitas Partai Gerindra masih di bawah 10 persen.

"Elektabilitas Prabowo belum mampu dikonversikan menjadi elektabilitas partai," kata Adjie saat memaparkan hasil survei bertajuk "Indeks Capres Pemilu 2014 : Capres Rill Versus Capres Wacana" di kantor LSI, Jakarta, Minggu (20/10).

Ia menjelaskan, jika mengacu pada pengalaman Pemilu 2009, kehendak kuat Prabowo untuk bertarung dalam Pilpres 2014 akhirnya sirna. "Dalam Pemilu 2009, syarat pencapresan adalah 25 persen suara pemilu atau 20 persen kursi DPR. Syarat pencapresan 2014 masih tetap sama," ujar Adjie.

Sedangkan, Adjie menuturkan, Jokowi menjadi capres wacana karena maju tidaknya mantan Wali Kota Solo itu dalam bursa capres 2014 sangat tergantung pada keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, Adjie menambahkan, masih ada perbedaan di internal PDIP perihal maju tidaknya Jokowi dalam Pilpres 2014. "Ada kelompok yang menginginkan Jokowi maju sebagai capres karena elektabilitasnya tinggi. Namun ada kelompok lain yang masih tetap menginginkan Megawati sebagai capres," katanya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya menjadi calon presiden wacana.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News