Jokowi dan Prabowo tak Melanggar Peraturan Pemilu

Bawaslu Rekomendasikan Salah Satu Media Televisi Disanksi KPI

Jokowi dan Prabowo tak Melanggar Peraturan Pemilu
Jokowi dan Prabowo tak Melanggar Peraturan Pemilu. JPNN.com

JAKARTA - Dugaan pelanggaran pemilu yang ditujukan pada dua calon presiden (Capres) Jokowi dan Prabowo terjawab. Sabtu (7/6) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menguak hasil pemeriksaan selama lima hari untuk dugaan curi start kampanye yang dilakukan Jokowi dan Prabowo. Hasilnya, kedua capres itu dinilai tidak melakukan pelanggaran pemilu.

    

Dalam konfrensi pers kemarin, Anggota Bawaslu Pusat Nelson Simanjuntak menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap dua kasus dugaan pelanggaran aturan pemilu. Sesuai kajian hukum yang dilakukan Bawaslu, maka diputuskan jika Jokowi tidak melakukan pelanggaran pemilu dalam sambutan acara pengambilan nomor urut Capres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu. "Unsurnya tidak lengkap," ujarnya.

    

Memang dalam sambutan itu terdapat kalimat ajakan untuk memilih. Tapi, prosedurnya kampanye itu harus memiliki sejumlah unsur, yakni mengajak dan menyampaikan visi misi. "Karena tidak ada unsur menyampaikan visi misi, maka ini dianggap bukan kampanye," jelasnya.

    

Selain itu, Bawaslu juga telah memiliki keputusan terkait dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan capres dan cawapres Prabowo-Hatta saat menyampaikan visi dan misi di depan Partai Demokrat. Setelah mengumpulkan semua barang bukti dan meminta keterangan dari Hatta. Maka, Bawaslu memastikan juga jika penyampaian visi misi itu bukan merupakan kampanye sebelum masanya. "Namun, alasannya berbeda," terangnya.

    

JAKARTA - Dugaan pelanggaran pemilu yang ditujukan pada dua calon presiden (Capres) Jokowi dan Prabowo terjawab. Sabtu (7/6) Badan Pengawas Pemilu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News