Jokowi Dinilai Perlu Mengevaluasi Posisi Menko Luhut

Jokowi Dinilai Perlu Mengevaluasi Posisi Menko Luhut
Luhut Binsar Panjaitan. Foto/ilustrasi: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi posisi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai koordinator pelaksanaan PPKM Darurat.

Menurut Emrus, komandan penanganan Covid-19 itu seharusnya dipimpin oleh menteri kesehatan dengan didukung oleh kementerian/lembaga terkait lainnya.

"Saran saya kepada pemerintah supaya itu dievaluasi, komandanya itu (Luhut, red)," ucap Emrus saat dihubungi JPNN.com, Jumat (2/7).

Intinya, kata dia, lakukan penanganan Covid-19 dengan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh orang-orang yang ahli.

Namun, karena Menkes Budi Gunadi Sadikin bukan ahli kesehatan, Emrus menyarankan pemerintah membentuk tim yang berisikan para ahli di bidangnya.

"Kalau boleh misalnya tidak menkes komandannya, tetapi orang ahli virologi komandan penanganan Covid-19 ini, atau ahli paru," lanjutnya.

Selain itu, tim tersebut juga mesti diperkuat oleh seorang komunikolog, psikolog, atau sosiolog untuk membawahi bidang perubahan perilaku masyarakat.

"Jadi komunikolog, psikolog atau sosiolog, mereka inilah yang selalu melakukan perubahan sosial. Jadi, sudah terbiasa dengan konsep dan teori perubahan perilaku,"

Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing menyarankan Presiden Jokowi mengevaluasi posisi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai koordinator pelaksanaan PPKM darurat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News