Jokowi: Masa Depan Milik Orang Berani

Jokowi: Masa Depan Milik Orang Berani
Presiden Jokowi hadir di Festival Terampil Tahun 2019 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka pada Sabtu (9/2). Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi hadir di Festival Terampil Tahun 2019 yang digelar di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka pada Sabtu (9/2). Dalam forum itu, Kepala Negara menitipkan banyak pesan sebagai motivasi bagi generasi muda yang ingin menggeluti dunia usaha.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut tiga hal utama yang harus dimiliki generasi muda sekarang ini adalah optimisme, keberanian, dan kerja keras. Ketiganya menurut mantan pengusaha mebel ini, berguna untuk mengasah keahlian dalam memanfaatkan peluang usaha yang ada.

"Saya ingin anak-anak muda kita jangan sampai gampang mengeluh kalau menghadapi sebuah persoalan, hambatan-hambatan. Karena di situlah sebetulnya kita bisa belajar banyak dari sebuah masalah," kata Jokowi yang belajar dari perjuangannya dahulu dalam merintis usaha.

Menurutnya, apabila tiga hal utama tersebut dimiliki, generasi muda bangsa ini yang dipenuhi dengan segala kreativitas sudah mampu bersaing dan bersanding dengan sejumlah usaha besar dari mancanegara.

Apalagi dia pernah menyaksikan sendiri bagaimana usaha yang dirintis sejumlah anak muda Indonesia dapat mengimbangi merek-merek global yang sudah terlebih dahulu hadir.

"Saya (pernah) masuk ke sebuah outlet Tuku Kopi. Pemiliknya masih sangat muda. Mau masuk saja antre. Mau masuk gerainya itu antre. Ya sudah, saya ikut antre. Saya beli, saya coba. Enggak kalah dengan brand asing. Artinya kita bisa melakukan itu," ungkapnya.

Dengan hanya bermodalkan Rp 18.000 saja, Jokowi yang berkunjung ke gerai tersebut pada pertengahan 2017, sudah bisa menikmati produk minuman kopi yang memiliki kualitas yang tak kalah dibanding produk luar negeri namun harus dibeli dengan harga empat kali lipatnya.

"Saya bisiki pemiliknya. Jangan hanya punya satu (gerai). Segera buka sebanyak-banyaknya. Kita harus berani. Kalau perlu jejerin itu brand asing. Beradu saja, berani enggak? Saya yakin kamu yang menang," tutur suami Iriana.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi hadir di Festival Terampil Tahun 2019 yang digelar di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka pada Sabtu (9/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News