Jokowi Masih Dianggap Tokoh Lokal

Jokowi Masih Dianggap Tokoh Lokal
Jokowi Masih Dianggap Tokoh Lokal

jpnn.com - JAKARTA - Selama ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merajai berbagai survei calon presiden (capres) pada pemilu 2014.

Namun, hal ini tidak terlihat di survei milik Lingkar Survei Mahasiswa Indonesia (LSMI) yang menempatkan Jokowi di peringkat 5 dengan raihan elektabilitas hanya 7,5 persen.

Ketua LSMI Rachman A Bayu menilai perbedaan ini terjadi karena responden menilai Jokowi belum memiliki kapasitas untuk berbicara di tingkat nasional. Sementara survei capres versi LSMI menitikberatkan pada isu ketahanan nasional.

"Jokowi itu masih tokoh lokal," kata  Rachman saat memaparkan hasil survei di Galeri Cafe, Cikini, Jakarta, Kamis (31/10).

Menurut Rachman, Jokowi terlihat populer karena terus diangkat media. Padahal, secara riil banyak masyarakat yang menganggapnya belum pantas menjadi pemimpin nasional.

Selain itu, lanjut Rachman, tingginya elektabilitas Jokowi di setiap survei telah membuat pesaingnya bekerja keras untuk mengejar ketinggalan. Sedangkan mesin politik Jokowi yaitu PDIP justru terlihat setengah hati mendukung mantan Wali Kota Surakarta itu.

"Mungkin di timnya yang kurang efektif lagi atau dari PDIP-nya. Sebab Mega saya lihat belum legowo menyerahkan tiket capres ke Jokowi," pungkasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Selama ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merajai berbagai survei calon presiden (capres) pada pemilu 2014. Namun, hal ini tidak terlihat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News