Minggu, 19 Mei 2019 – 14:18 WIB

Jokowi Menang Banyak di Debat Capres Karena 6 Hal Ini

Selasa, 19 Februari 2019 – 21:36 WIB
Jokowi Menang Banyak di Debat Capres Karena 6 Hal Ini - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti dan doktor ilmu politik Denny JA menyebut ada enam hal yang membuat petahana Joko Widodo memenangkan kembali debat capres kedua melawan Prabowo Subianto.

"Jika diringkas. Jokowi menang debat karena menguasai bahan. Sementara Prabowo menguasai lahan (ratusan hektar tanah di Kalimantan dan Aceh yang diungkapkan Jokowi dalam debat)," tutur Denny.

 

Denny mengaku menonton debat itu bersama tim peneliti, mendiskusikan tak hanya substansi debat, tapi juga teknik berdebat dan gaya berkomunikasi. Dari enam hal ini, menurutnya, Jokowi kembali unggul dari Prabowo.

1.  Jokowi lebih tahu lapangan

Ketika Prabowo menyatakan akan membuat BUMN yang akan memberdayakan nelayan, dengan enteng Jokowi menjawab bahwa pemerintah saat ini sudah punya BUMN bernama Perindo dan Perinus yang memang dibuat untuk nelayan.

2.  Jokowi lebih sistematis soal solusi

Prabowo masih normatif dan umum saja soal rencana mendorong industri digital. Jokowi memaparkan data dari 7 start up Unicorn usaha digital ASEAN. Empat di antaranya ada di Indonesia. Sudah disiapkan Palapa Ring, 4G dan deregulasi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar