Cerita Gubernur Irwandi soal Tanah Bermasalah Milik Prabowo di Aceh

Cerita Gubernur Irwandi soal Tanah Bermasalah Milik Prabowo di Aceh
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf tiba di gedung KPK Jakarta, Rabu (4/7/18). FOTO: FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Nonaktif Nangroe Aceh Darussalam (NAD) Irwandi Yusuf merasa tak heran dengan pernyataan Joko Widodo dalam debat calon presiden soal tanah seluas 120 ribu hektare di Kabupaten Aceh Tengah yang dikuasai Prabowo Subianto. Menurut Irwandi, tokoh yang kondang dengan panggilan Jokowi itu pernah bekerja di Aceh dan menjadi anak buah Prabowo di PT Alas Helau.

"Pak Jokowi lebih tahu. Pak Jokowi kerja di sana juga dulu, dia kerja di PT Alas Helau. Pokoknya di sana tiga tahun dia dengan (perusahaan milik) Pak Prabowo," kata Irwandi di sela-sela persidangan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Senin (18/2).

Irwandi menuturkan, PT Alas Helau yang sebagian sahamnya dimiliki Prabowo menguasai hutan pinus industri. Pepohonan di hutan itu untuk bahan pembuat kertas. Baca juga: Jokowi Beber Ratusan Ribu Hektare Tanah Milik Prabowo

“Bidang pinus hutan industri, pinusnya dipakai untuk bahan di Krueng Geukeuh, ada pabrik kertas di sana," ucapnya.

Prabowo menguasai lahan di Aceh melalui PT Tusam Hutani Lestari yang bersama PT Inhutanti IV membentuk perusahaan patungan PT Alas Helau. Komposisi saham di Alas Helau adalah 60 persen milik Tusam Hutani Lestari, sedangkan 40 persen menjadi hak Inhutani IV.

Irwandi menjelaskan, luas tanah yang dikuasai Prabowo di Acah mencapai ribuan hektare. Namun, kata mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu, lahan di Aceh yang dikuasi perusahaan Prabowo bermasalah karena tidak lagi ditanami setelah pohon pinusnya ditebangi.

“Sudah bermasalah, pabriknya bermasalah, hutannya bermasalah. Kok banyak ditebang tetapi yang lama-lama ditebang kok masih botak, enggak ditanam lagi," jelasnya.

Irwandi menuturkan, persoalan tentang lahan yang dikuasai Alas Helau itu pernah dijadikan bahan untuk menyerangnya di Pilkada Aceh 2012. Sebab, Irwandi dianggap menghambat operasional perusahaan itu sehingga dituding menciptakan banyak penganggur. Baca juga: Penjelasan Kiai Ma'ruf soal Jokowi Beber Ribuan Hektare Tanah Prabowo

Gubernur Nonaktif Nangroe Aceh Darussalam (NAD) Irwandi Yusuf membeber soal tanah milik Prabowo Subianto di Aceh Tengah yang diungkap Joko Widodo alias Jokowi dalam debat capres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News