Jokowi: Mengumpulkan Massa dan Orasi Tidak Cukup

Jokowi: Mengumpulkan Massa dan Orasi Tidak Cukup
Presiden Joko Widodo berbicara dalam pembukaan Jambore Nasional Kebangsaan Bela Negara Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) 2018. Foto: Biropers

jpnn.com - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa membela negara bagi bangsa Indonesia saat ini bukan lagi dengan melakukan orasi atau mengumpulkan massa, tapi bela negara harus dilakukan dalam berbagai bentuk kerja nyata.

Demikian disampaikannya saat pembukaan Jambore Nasional Kebangsaan Bela Negara Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) 2018, di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan pada Jumat (7/12).

"Di zaman sekarang tidak cukup membela negara hanya dengan berorasi dan mengumpulkan massa. Membela negara harus dilakukan dalam berbagai bentuk kerja nyata," tutur Presiden yang akrab disapa dengan panggilan Jokowi.

Membela negara menurutnya bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya melalui profesi yang digeluti masing-masing. Seorang dokter bisa mendedikasikan diri untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terpencil di pulau-pulau terluar.

"Bela negara juga bisa dilakukan dengan menjadi insinyur yang turut terlibat dalam kerja besar bangsa dalam membangun infrastruktur yang Indonesiasentris. Ini dilakukan oleh kader FKPPI yang bekerja keras mati-matian, Pak Basuki Menteri PUPR beserta seluruh jajarannya," tutur Jokowi.

Presiden juga menyebut bahwa bela negara dapat dilakukan dengan menjadi pribadi-pribadi terbaik yang berkarakter, optimistis, dan memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa, negara, serta rakyat Indonesia.

Presiden menegaskan bahwa Pancasila sebagai ideologi negara harus dijaga bersama seluruh anak bangsa. Sebab, dengan Pancasila, selama 73 tahun ke belakang Indonesia mampu bersatu di tengah perbedaan dan bergerak maju.

"Di negara Pancasila keragaman menjadi sumber kekuatan, bukan sumber perpecahan. Kita tahu negara kita ini berbeda-beda. Beda suku, agama, adat, tradisi, dan bahasa daerah," ujarnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa membela negara bagi bangsa Indonesia saat ini bukan lagi dengan melakukan orasi atau mengumpulkan massa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News