Jokowi Minta TNI Tidak Ikut Politik, Ini Kata Bang Ara

Jokowi Minta TNI Tidak Ikut Politik, Ini Kata Bang Ara
Presiden Joko Widodo saat memeriksa pasukan pada upacara perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten (5/10). Perayaan HUT ke-72 TNI mengusung tema Bersama Rakyat TNI Kuat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait sepakat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta agar prajurit TNI tidak ikut dalam politik praktis.

Menurut pria yang karib disapa Bang Ara itu, bukan hanya prajurit TNI aktif yang tidak boleh terjun ke dunia politik, tetapi juga personel kepolisian.

"TNI, polisi aktif jelas tidak boleh melakukan politik praktis. Karena, tugasnya adalah sebagai alat negara. Tidak mungkin alat negara berpolitik," kata Ara di kantor Saiful Mujani Research & Consulting, Jakarta, Kamis (5/10).

Menurut Ara, anggota TNI dan polisi yang sudah pensiun baru boleh terjun ke dunia politik. Contohnya adalah Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Jadi sudah ada contoh konkret dan ini harus dijaga," tutur Ara.

Seperti diberitakan, Jokowi meminta prajurit TNI tidak ikut dalam politik praktis, karena TNI adalah milik negara dan seluruh masyarakat. Sehingga, tidak boleh terkotak-kotak oleh politik. (gil/jpnn)

(Gagah dan Sangar, Ini Jip Jokowi Inspeksi Pasukan HUT TNI)


Bukan hanya prajurit TNI aktif yang tidak boleh terjun ke dunia politik, tetapi juga personel kepolisian.


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News