Jokowi Perintahkan Menteri Lakukan Totok Nadi

Jokowi Perintahkan Menteri Lakukan Totok Nadi
Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh menteri untuk melakukan identifikasi terhadap masalah yang ada di kementerian masing-masing. Hal ini untuk mencegah program pemerintah tidak terimplementasi dengan baik.

Menurutnya, selama ini banyak program pemerintah yang tidak dirasakan oleh rakyat, lantaran mandek di tengah jalan. Penyebab kebuntuan ini, lanjutnya, yang harus segera diidentifikasi dan diuraikan.

"Temukan titik-titik kebuntuan, lakukan totok nadi, biar darah mengalir deras. Yang sebelumnya vitaminnya tidak sampai ke rakyat sekarang harus sampai," kata Jokowi dalam rapat paripurna kabinet di kantor kepresidenan, Jakarta, Senin (27/10).

Selain itu, tambahnya, penataan terhadap personel dan organisasi di masing-masing kementerian juga perlu dilakukan. Sehinga, semua bagian kementerian benar-benar bekerja dengan baik dan efisien.

"Fokuskan pada pengembangan organisasi yang bekerja untuk rakyat. Kalau bisa lakukan penyederhanaan organisasi," tuturnya.

Jokowi juga mengatakan, Tim Transisi bentukannya telah menghasilkan banyak rekomendasi terkait masalah-masalah pemerintahan. Mantan Gubernur DKI itu minta Kepala Bappenas mempelajari usulan-usulan tersebut dan mensosialisasikannya kepada para menteri.

Terakhir Jokowi menyampaikan, kepercayaan yang telah diberikan rakyat harus dibayar secepat-cepatnya. Untuk itu, tidak boleh ada program yang mandek di tengah jalan.

"Kita harus menjaga kepercayaan rakyat yang diberikan ke kita. Menunjukan bukti bekerja untuk rakyat dan untuk kepentingan seluruh rakyat indonesia," pungkasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh menteri untuk melakukan identifikasi terhadap masalah yang ada di kementerian masing-masing.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News