Jokowi: Perlu Terobosan Membangkitkan Potensi Kemaritiman

Jokowi: Perlu Terobosan Membangkitkan Potensi Kemaritiman
Presiden Jokowi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk terus melakukan inovasi dalam menggarap potensi sektor kelautan nasional.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka Rapar Koordinasi Bidang Kemaritiman di Sasana Kriya TMII, Kamis (4/5).

"Pemerintah terus melakukan terobosan untuk mengejar ketertinggalan kita dengan negara lain, dan untuk membangkitkan potensi kelautan kita agar manfaatnya dapat dirasakan oleh rakyat," ujar Jokowi.

Di antara terobosan yang telah dilakukan adalah di bidang infrastruktur kemaritiman melalui program tol laut. Terutama membangun dan mengembangkan pelabuhan sedang maupun besar di Indonesia timur.

Bahkan, kata mantan wali kota Surakarta itu, manfaatnya sudah dirasakan masyarakat dengan adanya penurunan harga kebutuhan pokok hingga 20-25 persen.

Begitu juga terkait pembangunan pelabuhan besar seperti di Tanjung Priok. Di mana dua pekan lalu sudah ada kapal besar kapasitas 10 ribu TEUs yang bersandar di sana.

"Ini berpuluh-puluh tahun saya kira belum pernah terjadi dan dua minggu yang lalu kapal besar tersebut sudah merapat. Artinya nanti juga akan ada penurunan biaya logistik, biaya transportasi," jelas presiden.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk terus melakukan inovasi dalam menggarap potensi sektor kelautan nasional.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News