Kadin: Presiden Jokowi Bertemu Dengan Orang yang Tepat

Kadin: Presiden Jokowi Bertemu Dengan Orang yang Tepat
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers
Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mendukung langkah Presiden Joko Widodo yang mengajak para pengusaha Hongkong untuk berinvestasi di Indonesia, salah satunya di sektor pelabuhan.   Dalam lawatannya ke Hongkong pada awal pekan ini, Jokowi bertemu dengan Li Ka-Shing, pemilik CK Hutchison Holdings Limited di Hotel Conradn. 

"Kadin menilai Presiden Jokowi telah bertemu dengan orang yang tepat untuk investasi pelabuhan. Hutchison merupakan operator pelabuhan terbesar dengan penguasan 12 persen kontainer yang ada di dunia," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan, Rico Rustombi, Kamis (3/5). 

Kadin, berharap pertemuan Jokowi dan Li Ka-Shing akan mendorong terbangunnya infrastruktur pelabuhan, terutama untuk wilayah Indonesia bagian timur.    Dengan begitu, perekenomian di wilayah tersebut akan semakin meningkat.   "Indonesia bagian timur bisa menjadi jendela untuk produk-produk unggulan Indonesia. Jadi bongkar muat tidak hanya bergantung di Jawa dan Sumatera," tutur dia.     

Selain itu, munculnya pelabuhan-pelabuhan baru akan semakin menurunkan biaya logistik. Dengan begitu, kata dia, Indonesia bisa berkompetisi dengan negara lain dalam ekspor produk-produk unggulan.   Dalam pembangunan infrastruktur, kata dia, pemerintah memang perlu menggandeng pihak swasta, baik nasional maupun internasional. Sebab dana yang dibutuhkan untuk pembangunan pelabuhan sangat besar.    "Jadi perlu adanya kerja sama antar pemerintah dan swasta," kata Rico.(chi/jpnn)    


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News