Jokowi: Pesantren di Indonesia Harus ada Umat Mart

Jokowi: Pesantren di Indonesia Harus ada Umat Mart
Presiden Joko Widodo (tengah) meresmikan peluncuran pesantrenpreneur sekaligus membuka Umat Mart di Pasuruan. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, PASURUAN - Presiden Joko Widodo meresmikan pesantrenpreneur, sebuah program penguatan ekonomi umat berbasis pesantren yang digagas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Ponpes Bayt al-Hikmah, Jalan Pati Unus, Pasuruan, Sabtu (12/5).

Peluncuran pesantrenpreneur ditandai dengan peresmian Umat Mart (Ummart), gerai ritel yang didesain sebagai sarana penjualan produk pesantren dan UMKM sekitar pesantren. Sekitar 9.000 undangan yang terdiri atas kiai dan santri menyaksikan peluncuran program tersebut.

Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menperin Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sektetaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jatim Soekarwo. Tampak pula Ketua HIPMI Pusat Bahlil Lahadalia dan Ketua HIPMI Jatim Mufti Anam.

Presiden menyambut antusias upaya pengembangan ekonomi umat tersebut. Menurut dia, kewirausahaan pesantren perlu terus ditumbuhkan untuk mengakselerasi kesejahteraan umat.

“Saya memberikan apresiasi kepada HIPMI, khususnya HIPMI Jatim. Ide seperti ini harus terus didukung dan diperhatikan. Pesantren di seluruh Indonesia harus ada Ummart, harus memiliki ritel modern dengan manajemen yang baik,” ujarnya.

“Ekonomi umat harus maju, mandiri, berdaya saing,” imbuh Jokowi.

Jokowi juga kembali memperkenalkan Bank Wakaf Mikro yang didedikasikan untuk membantu pembiayaan usaha-usaha yang berbasis pesantren dan keumatan.

Ketua Umum HIPMI Pusat Bahlil Lahadalia mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan untuk mendampingi manajemen perdagangan produk pesantren sehingga bisa lebih tertata dan menjangkau pasar yang lebih luas.

HIPMI berterima kasih kepada Jokowi yang memberi dukungan penuh pada upaya-upaya pengembangan ekonomi umat berbasis pesantren.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News