Jokowi Serahkan Langsung Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Jokowi Serahkan Langsung Bantuan untuk Korban Gempa Lombok
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan langsung bantuan untuk renovasi rumah korban terdampak gempa di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (2/9). Foto: Biro Pers

jpnn.com, LOMBOK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan langsung bantuan untuk renovasi rumah korban terdampak gempa di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Lokasinya dipusatkan di Kelurahan Pemenang Baru, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara pada Minggu (2/9).

"Sore hari ini kita telah memulai, karena memang kemarin semuanya dalam keadaan darurat, karena cobaan yang diberikan Allah pada kita, semuanya dalam keadaan darurat. Yang di pusat juga kaget, yang di sini apalagi lebih kaget lagi," kata Presiden.

Jokowi menyebutkan bahwa saat ini persiapan menuju proses pembangunan rumah, rekonstruksi untuk fasilitas baik itu sekolah, puskemsas, dan rumah sakit, sudah dimulai. Ketika itu, Presiden menyerahkan bantuan untuk 5.293 rumah dalam bentuk tabungan.

Adapun nilai tabungannya yaitu, Rp 50 juta untuk rumah rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah rusak ringan. Suami Iriana berpesan supaya uang itu betul-betuk dipakai semuanya untuk pembangunan rumah.

"Kalau nanti bangunnya ini sudah selesai betul dan ternyata tidak sampai Rp 50 juta untuk bangunnya, tidak sampai Rp 25 juta yang rusak sedang, ya alhamdulilah. Silakan untuk kepentingan yang lain, tapi prioritas yang pertama adalah untuk rumah," pintanya.

Mantan wali kota Surakarta itu juga mengiinginkan rumah yang dibangun adalah yang tahan gempa. Karenanya pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dibantu TNI-Polri, akan memberikan pendampingan kepada masyarakat saat membangun rumahnya.

Selain itu, masyarakat diharapkan tetap bergotong royong dan memanfaatkan bahan-bahan bangunan yang masih bisa dipakai. Sehingga dana bantuan yang diberikan pemerintah akan betul-betul cukup untuk membangun rumah kembali.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan, dana bantuan untuk rekonstruksi rumah ini diserahkan kepada korban terdampak dari 4 kabupaten dan 1 kota, yaitu Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kota Mataram. Sedangkan untuk Sumbawa dan Sumbawa Barat, masih dalam proses verifikasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan langsung bantuan untuk renovasi rumah korban terdampak gempa di Lombok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News