Jokowi Sudah Ajukan Izin jadi Jurkam

Jokowi Sudah Ajukan Izin jadi Jurkam
Jokowi Sudah Ajukan Izin jadi Jurkam

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengaku sudah menerima permintaan izin dari sejumlah kepala daerah untuk menjadi juru kampanye (Jurkam) di beberapa daerah. Di antaranya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis.

"Sudah ada beberapa kepala daerah yang sudah mengajukan izin untuk kampanye. Jumlahnya tidak hafal. Misalnya Gubernur Kalimantan Barat, Wakil Gubernur Sumut, terus pak Jokowi itu kan Sabtu-Minggu," kata Gamawan di Gedung DPR RI, Senin (3/3).

Hal ini dikatakan Mendagri sekaligus membantah ada isu bahwa dirinya menolak permintaan izin dari sejumah kepala daerah untuk bisa menjadi juru kampanye sejumlah partai politik dalam Pemilu mendatang. "Tidak benar Kemendagri mengembalikan itu," tegasnya.

Mantan Gubernur Sumatera Barat itu mengungkapkan, Kepala Daerah yang ingin menjadi jurkam pada hari Sabtu-Minggu sebenarnya tidak membutuhkan izin, cukup pemberitahuan saja.

"Kalau di Sabtu-Minggu itu kan hari libur, cukup memberi tahu saja. Gak ada larangan. Kalau Sabtu-minggu cukup memberi tahu. Kalau hari kerja harus cuti dan tidak boleh pakai fasilitas negara," tandasnya.

Gamawan juga mengingatkan jika Gubernur dan Wakilnya, atau Bupati/Walikota dan wakilnya ingin jadi jurkam, maka keduanya tidak boleh melakukannya bersamaan.

"Tidak boleh berbarengan antara kepala daerah dan wakilnya. Harus gantian. Kalau melanggar di PP 18 ada sanksi nya. Termasuk teguran. Bawaslu juga memiliki aturan sendiri. Kalau mereka menggunakan fasilitas negara, maka bawaslu akan menindaklanjuti," tandas Gamawan. (fat/jpnn)


JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengaku sudah menerima permintaan izin dari sejumlah kepala daerah untuk menjadi juru kampanye (Jurkam)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News