Jokowi tak Akan Basa-basi

Jokowi tak Akan Basa-basi
Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PASANGAN capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla akan merevisi sejumlah kebijakan di bidang pendidikan jika terpilih sebagai presiden-wakil presiden dalam pemilu 9 Juli 2014.

Salah satu kebijakan pendidikan yang akan direvisi adalah Ujian Nasional (UN).  Hingga kini, kebijakan itu masih menjadi kontroversi di dunia pendidikan tanah air.

Apa saja program Jokowi-JK di bidang pendidikan jika memimpin pemerintahan dalam lima tahun ke depan? Berikut petikan wawancara wartawan JPNN, M Fathra Nazrul Islam dengan juru bicara Jokowi-JK, Anies Baswedan Ph,D di Jakarta Pusat, Selasa (10/6).

Apa saja fokus Jokowi-JK terkait pendidikan jika terpilih jadi presiden 2014-2019?

Konsentrasi pada guru, karena guru adalah kunci. Ada aspek-aspeknya. Pertama aspek kualitas, kedua aspek kesejahteraan, ketiga aspek distribusi guru. Tiga ini merupakan masalah utama. Kalau tiga ini dibereskan Insya Allah yang lain akan jauh lebih mudah.

Kenapa guru?

Pendidikan karakter akan jadi komponen utama. Pendidikan karakter tidak diajarkan lewat tulisan-tulisan tapi lewat teladan. Lagi-lagi siapa yang jadi teladan? Gurunya. Gurunya harus baik.

Isunya sertifikasi mau dicabut kalau Jokowi presiden?

PASANGAN capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla akan merevisi sejumlah kebijakan di bidang pendidikan jika terpilih sebagai presiden-wakil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News