Jokowi Temui Seluruh Komisioner KPU, Titip Pelaksanaan Pemilu, Ada 2 Menteri Mendampingi

Jokowi Temui Seluruh Komisioner KPU, Titip Pelaksanaan Pemilu, Ada 2 Menteri Mendampingi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/5). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/5).

Dalam pertemuan itu, Jokowi mendengar dari KPU mengenai perkembangan penyelenggaraan pemilihan umum, terutama untuk persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024, di antaranya terkait dengan anggaran atau pendanaan pemilu, fasilitas sarana dan prasarana, dan hubungan untuk personel penyelenggaraan pesta demokrasi itu.

"Bapak Presiden tadi menyambut baik laporan kami KPU tentang penyelenggaraan Pemilu 2024 dan beliau memberikan dukungan sepenuhnya untuk penyelenggaraan Pemilu 2024," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam keterangannya selepas pertemuan.

Hasyim menuturkan ada enam hal yang disampaikan Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Pertama, presiden mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 sebagaimana sudah dijadwalkan, yakni pemungutan suara untuk pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024.

"Jadi presiden ingin memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan tepat waktu reguler lima tahunannya," imbuhnya.

Kedua, eks gubernur DKI Jakarta itu akan memerintahkan sejumlah menteri yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada KPU.

Para menteri tersebut antara lain Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Presiden Jokowi menginginkan kampanye hanya 90 hari agar tidak menimbulkan masalah berlarut-larut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News