Jokowi Terima Penghargaan dari Lembaga Internasional Ini, Ganjar Sampai Hadir di Istana

Jokowi Terima Penghargaan dari Lembaga Internasional Ini, Ganjar Sampai Hadir di Istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Certificate of Acknowledgement dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/8). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Certificate of Acknowledgement dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/8).

Pada kesempatan itu, hadir juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sejumlah kepala daerah.

Jokowi menyampaikan komitmen pemerintah Indonesia untuk terus meningkatkan produksi pertanian nasional dalam rangka mengantisipasi ancaman krisis pangan yang tengah melanda sejumlah negara di dunia.

Komitmen tersebut disampaikan Kepala Negara ketika menerima penghargaan IRRI atas keberhasilan Indonesia dalam mencapai swasembada beras.

"Di tengah ancaman krisis pangan di tingkat global, sekali lagi pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi, menjamin ketercukupan pangan di dalam negeri dan sekaligus memberikan kontribusi bagi kecukupan pangan dunia," ujar presiden dalam sambutannya pada acara penyerahan penghargaan dari IRRI kepada pemerintah Republik Indonesia.

Presiden Jokowi menuturkan pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur di bidang pertanian, mulai dari bendungan, embung, hingga jaringan irigasi guna mendukung peningkatan hasil produksi pertanian nasional.

Selain pembangunan infrastruktur, pemerintah juga memanfaatkan varietas-varietas unggul padi, melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi sehingga Indonesia dapat mencapai swasembada beras dengan produksi beras yang surplus selama tiga tahun terakhir.

Bahkan, menurut data dari Badan Pusat Statistik, stok beras nasional pada April 2022 menjadi yang tertinggi, yaitu 10,2 juta ton.

Presiden Jokowi menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan produksi pertanian nasional dalam rangka mengantisipasi ancaman krisis pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News