JoMan Sebut Ada Korupsi di Lingkaran Presiden

JoMan Sebut Ada Korupsi di Lingkaran Presiden
Ketua Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pernyataan Menkopolkam Mahfud MD tentang menggilanya korupsi di era Jokowi mendapat pembelaan dari relawan Jokowi Mania (JoMan). Organ relawan militan ini menilai tidak ada yang salah dari statement orang dekat almarhum Gus Dur ini.

Ketua JoMan, Immanuel Ebenezer mengatakan Mahfud justru wajib dibela. Lagipula, Mahfud menegaskan sistimiknya korupsi ini bukan kesalahan Presiden Jokowi.

"Selain peninggalan dan warisan era sebelumnya. Ini ulah dari pejabat atau menteri yang memanfaatkan momentum 3 tahun tersisa pemerintahan Jokowi," kata Noel.

Noel mengungkapkan sistimiknya korupsi itu ada di Kementerian dan di sekeliling lingkaran presiden.
Di tingkat kementerian dari jual beli jabatan oleh para staf ahlinya sangat terbuka jelas Noel, ada sejumlah alasan kenapa virus korupsi mewabah.

"Pertama, mereka sadar masa kekuasaan mereka akan berakhir dan harus bersiap diri masuk masa pensiun. Kedua, bersiap siap menghadapi Pilpres.2024. Ketiga hukuman yang relatif ringan dan merasa memiliki jaringan dengan penguasa," tandas Noel.

Noel juga mengungkapkan, perilaku korupsi di Kementerian relatif samar-samar. Bisa tercium tapi tidak terang benderang.

"Beda dengan di daerah. Jelas jual beli proyek sangat massive. Untuk mendapatkan 1 pekerjaan PL, harus setor DP 20 persen. Nah itu beda lagi kalau kerjaan selesai," tandas dia.

Dirinya meyakini, sistemiknya korupsi ada di semua propinsi, kota dan kabupaten.

Ketua JoMan mengingatkan bahwa Mahfud menegaskan sistimiknya korupsi ini bukan kesalahan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News