Jonan: Mei, Kapasitas Listrik Sumut Tambah 220 Mw

Jonan: Mei, Kapasitas Listrik Sumut Tambah 220 Mw
Menteri ESDM, Igantius Jonan, meninjau PLTP Sarulla di Tapanuli Utara. Mei mendatang, PLTP Sarulla akan memasok listrik 220 MW untuk Sumatera Utara. Foto: sumutpos/jpg

jpnn.com, SARULLA - Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan kapasitas listrik di Sumatera Utara bertambah sejak 18 Maret lalu.

Itu setelah beroperasinya Unit 1 Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Tapanuli Utara.

Menurut Jonan, kapasitas itu akan bertambah lagi dengan mulai beroperasinya unit 2 pada Mei mendatang. Masing-masing unit berkapasitas 110 mw.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengklaim PLTP Sarulla merupakan proyek pembangkit energi baru terbarukan (EBT) paling efisien di Indonesia.

Metode pembangkitan combine cycle yang digunakan PLTP Sarulla mengalahkan efisiensi PLTP Darajat, PLTP Kamojang, dan PLTP Wayang Windu.

Menurut Jonan, sisa buangan uap panas bumi dapat dimanfaatkan lagi untuk menambah kapasitas energi listrik sehingga nyaris tidak ada uap yang tidak terpakai.

’’Kalau di PLTP lama, misalnya Kamojang, Darajat, Salak, atau Lahendong, itu kan banyak uap panas bumi karena hanya menggunakan metode condensing,’’ jelasnya.

Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Yunus Saefulhak menambahkan, uap sumur yang dimanfaatkan untuk PLTP Sarulla hanya 65 mw, namun dapat menghasilkan listrik dengan kapasitas terpasang 110 mw.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan kapasitas listrik di Sumatera Utara bertambah sejak 18 Maret lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News