Jumlah Korban Kecelakaan Lalin Terbesar Nomor 4 ada di Jabar

Jumlah Korban Kecelakaan Lalin Terbesar Nomor 4 ada di Jabar
Kecelakaan bus yang terjadi di Cikidang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (8/9). Foto dok humas dirjen perhubungan darat

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan dengan menurunkan kecepatan kendaraan 5 persen bisa mengurangi 30 persen resiko kecelakaan fatal di jalan raya.  

Hal itu disampaikan pada acara Pekan Keselamatan Jalan 2018 di Bandung, Jawa Barat.

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan Jawa Barat memiliki jumlah korban kecelakaan lalulintas terbesar nomor 4 di Indonesia. 

Berdasarkan data Kepolisian, kecelakaan lalulintas di Jawa Barat pada 2017 tercatat sebanyak 1.743 kecelakaan, dengan memakan korban meninggal sebanyak 863 jiwa, 269 orang luka berat dan 1.714 luka ringan.

"Tentunya kami sangat konsen terhadap keselamatan para pengendara," tutur Budi.

"Jadi kami memang secara intensif keliling Indonesia untuk mensosialisasikan keselamatan jalan. Salah satunya kami lakukan di Soreang Kabupaten Bandung ini,” imbuh Budi.

Budi juga mengatakan bahwa dengan mengurangi kecepatan sebesar 5 persen maka akan mengurangi resiko kecelakaan sebesar 30 persen.

"Tercatat 70 persen korban kecelakaan sebagian besar dari kawula muda usia produktif dan potensial," kata dia.(chi/jpnn)


Jadi kami memang secara intensif keliling Indonesia untuk mensosialisasikan keselamatan jalan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News