Jumlah Pemudik Turun, Ini Penyebabnya

Jumlah Pemudik Turun, Ini Penyebabnya
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SAMPIT – Sebanyak 16.100 penumpang kapal laut mudik ke kampung halaman lewat pelabuhan Sampit hingga Senin (4/7) kemarin. Namun, angka ini diperkirakan terus bertambah.

Pasalnya, dalam dua hari ini masih ada sejumlah kapal yang akan kembali berangkat dari pelabuhan Sampit menuju pulau Jawa. Jumlah ini turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 24.500 penumpang.

Menurut Kepala Bandasrsyahan dan Otoritas Pelabuhan Benny Novianudin, hal ini disebabkan oleh kuota penumpang kapal yang dibatasi oleh pihak Pelni.

“Meskipun sudah memasuki H-3, namun puncak arus mudik tidak terlalu menonjol dan tidak seperti pada tahun sebelumnya. Meskipun demikian masih ada tiga kapal yang belum diberangkatkan, sehingga diperkirakan lonjakan akan terjadi lebih signifikan,” ungkapnya.

Beny memperkirakan lonjakan penumpang tidak akan terjadi signifikan. Hal ini dikarenakan adanya PHK besar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan perkebunan sawit.

“Karena kena PHK, mereka memilih untuk pulang duluan sebelum puasa dan Lebaran. Kami menilai hal inilah kenapa lonjakan penumpang tidak terjadi, karena mereka sudah pulang terlebih dahulu,”katanya. (son/bud/jos/jpnn)


SAMPIT – Sebanyak 16.100 penumpang kapal laut mudik ke kampung halaman lewat pelabuhan Sampit hingga Senin (4/7) kemarin. Namun, angka ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News