Jumlah Penumpang Bandara Supadio Terus Meningkat

Jumlah Penumpang Bandara Supadio Terus Meningkat
Ilustrasi. Penumpang di bandara sedang menunggu pesawat tiba. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, PONTIANAK - Pembangunan terminal baru Bandara Internasional Supadio di Pontianak diyakini bisa mendukung peningkatan perekonomian dan wisata daerah.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri peresmian terminal baru Bandara Internasional Supadio yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kamis (28/12) kemarin.

"Dasarnya adalah komitmen Indonesian sentris dari pemerintah bahwasanya pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat adalah suatu potensial untuk dikembangkan dan ditingkatkan perekenomian dan wisata," ujar Budi.

Budi menjelaskan pengembangan Bandara Supadio efektif meningkatkan jumlah penumpang yang melalui bandara ini. Sampai saat ini Bandara Supadio telah mencapat 3,5jt orang per tahun.

"Untuk tahun ini jumlah penumpang Bandara Supadio telah mencapai 3,5jt/ tahun, naik 15 persen dari tahun sebelumnya, peningkatan tersebut dipicu oleh daya beli meningkat serta pertumbuhan ekonomi yang baik di Kalimantan Barat," jelasnya.

Mantan dirut AP II ini menambahkan bahwa pengembangan terminal baru Bandara Supadio dilakukan dalam dua tahap.

Adapun tahap pertama dimulai pada 2015 dan tahap kedua pada 2017. Pengoperasian terminal baru ini diharapkan bisa menampung sebanyak 3,8jt orang per tahun dengan luas terminal sebesar 32 ribu M2.(chi/jpnn)


Peningkatan tersebut dipicu oleh daya beli meningkat serta pertumbuhan ekonomi yang baik di Kalimantan Barat


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News