Jumlah Tewas, Tiga Kali Korban Bom Bali I

Jumlah Tewas, Tiga Kali Korban Bom Bali I
Foto: Dok.JPNN
JAKARTA - Jalan raya menjadi mesin pembunuh yang paling menakutkan selama arus mudik dan balik lebaran 2011. Kementerian Kesehatan mencatat, korban tewas selama masa mudik dan balik lebaran tahun ini mencapai 700 orang. Jumlah itu setara dengan tiga kali lipat lebih korban tewas akibat Bom Bali I 2002. Dalam aksi bom yang menggemparkan itu, korban tewas hanya 202 orang.

Data korban tewas dalam arus mudik dan balik lebaran 2011 ini dipaparkan Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih. Usai menggelar halal bi halal di kantor Kemenkes Jakarta kemarin (5/9), Endang mengaku cukup prihatin dengan banyaknya korban tewas dalam kecelakaan tersebut.

"Saya melihat perkembangan angka kematian kecelakaan itu pagi tadi (kemarin sebelum halal bi halan, red)," jelas dia. Selain mencatat 700 orang yang tewas di jalan, Endang juga memaparkan ada seribu lebih korban kecelakaan yang menjalani perawatan karena luka berat.

Endang memaparkan, korban tewas sebagian besar dialami di arus mudik dan balik di pulau Jawa. Baik yang melalui jalur pantura (pantai utara), jalur tengah, dan jalur selatan. Dari tim medis yang disebar di sepanjang lintasan mudik dan balik, ditemukan jika kecelakaan yang berujung kematian kerap dialami pengendaraa motor dan mobil pribadi.

JAKARTA - Jalan raya menjadi mesin pembunuh yang paling menakutkan selama arus mudik dan balik lebaran 2011. Kementerian Kesehatan mencatat, korban

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News