Abdullah Hehamahua Mudik ke Negeri Jiran

Abdullah Hehamahua Mudik ke Negeri Jiran
Abdullah Hehamahua Mudik ke Negeri Jiran
PENASEHAT KPK, Abdullah Hehamahua, yang asli orang Ambon juga memiliki tradisi mudik. Bedanya, jika orang lain mudik ke kampung halaman, dia mudik ke Kuala Lumpur, Malaysia? Lho, kok bisa?

Pasalnya, empat anaknya dan dua cucu sudah menetap di Kuala Lumpur, sejak 2000. Hal itu menyusul kerusuhan besar di Ambon, Maluku, kampung halaman Hehamahua. Sebelum pecah kerusuhan Ambon, Hehamahua tentu selalu pulang ke Ambon untuk bertemu keluarga besarnya.

”Saya tidak lagi punya kampung halaman pasca kerusuhan Ambon, 1999. Orangtua saya pun sudah meninggal semua. Jadi saya dan istri mengalah untuk mengunjungi anak-anak dan saudara di Malaysia. Karena dari sisi biaya, lebih murah kalau kami sebagai orangtua yang mudik ketimbang anak-anak,” ungkap suami dari Emma Suhartrimah Heryatti ini.

Sebagai orang Ambon, pria yang selalu berpeci ini tidak mengenal tradisi sungkem. Walaupun kelurga besarnya muslim. ”Saya pikir tradisi sungkeman memang baik. Tapi karena bukan bagian dari orang Ambon, maka kami tidak pernah melakukannya. Jadi kalau bertemu keluarga, kami hanya makan besar dan menanyakan kondisi masing-masing. Kalau ada yang kesusahan dibantu dan yang membantu tentu sedang mempunya kelebihan rezeki,” pungkasnya. (ers)

PENASEHAT KPK, Abdullah Hehamahua, yang asli orang Ambon juga memiliki tradisi mudik. Bedanya, jika orang lain mudik ke kampung halaman, dia mudik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News