Kabar Baik, Pemerintah Menggelontorkan Rp 5,27 Triliun untuk BOP PAUD dan Kesetaraan

Kabar Baik, Pemerintah Menggelontorkan Rp 5,27 Triliun untuk BOP PAUD dan Kesetaraan
Menkeu Sri Mulyani pada peluncuran Merdeka Belajar Episode 16: Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Kesetaraan, secara daring, pada Selasa (15/2). Foto: Tangkapan layar akun Kemdikbud RI di YouTube.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan pemerintah menyiapkan dana Rp 5,27 triliun untuk BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan. 

Alokasi dana BOP PAUD mencapai Rp 4,25 triliun untuk 6,9 juta anak-anak usia dini. Sementara, BOP kesetaraan mencapai Rp 1,02 triliun, akan diberikan kepada 587 ribu peserta didik. 

Menurut Sri Mulyani, dana ini akan disalurkan secara langsung kepada satuan pendidikan melalui 173 Kantor Pelayanan Penyelenggaraan Perbendaharaan Keuangan Negara. 

“Saya gembira melihat hasil yang positif ini,” kata Sri Mulyani pada peluncuran Merdeka Belajar Episode 16: Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Kesetaraan, secara daring, pada Selasa (15/2).

“Dengan adanya penyaluran langsung, memberikan kecepatan dan ketepatan, di mana dana langsung bisa diterima oleh masing-masing sekolah tanpa adanya gangguan pungutan atau syarat-syarat yang kompleks,” lanjut Sri Mulyani. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Merdeka Belajar Episode 16 melakukan akselerasi dan peningkatan pendanaan bagi PAUD dan Pendidikan Kesetaraan. 

Reformasi kebijakan tersebut mencakup nilai satuan biaya BOP PAUD yang bervariasi sesuai karakteristik daerah.

Kemudian, penyaluran langsung dana BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan ke rekening satuan pendidikan. 

Menkeu Sri Mulyani mengatakan pemerintah menggelontorkan Rp 5,27 triliun untuk dana BOP PAUD dan Kesetaraan. Mekanisme pencairannya lebih cepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News