Kabar Gembira buat TNI dari KemenPUPR

Kabar Gembira buat TNI dari KemenPUPR
Ilustrasi. Foto: dok/Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAKARTA - ‎Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan terus mendorong pembangunan rumah susun (Rusun) dan rumah khusus (Rusus) bagi anggota TNI di seluruh wilayah Indonesia. 

Terpenuhinya hunian layak bagi anggota TNI baik yang bertugas di pusat maupun wilayah perbatasan diharapkan dapat meningkatkan semangat serta kinerja para prajurit dalam membela serta menjaga kedaulatan negara.

“Pada 2011 lalu ada kesepakatan bersama antara Kementerian Pertahanan dan Kementerian Perumahan Rakyat dalam penyediaan perumahan bagi prajurit TNI. Dengan penggabungan kementerian menjadi KemenPUPR, maka program penyediaan perumahan bagi para prajurit tersebut akan terus kami lanjutkan dan didorong sehingga mereka bisa menempati rumah yang layak ketika bertugas,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan KemenPUPR Syarif Burhanuddin di Jakarta, Selasa (19/1).

Menurut Syarif, penyediaan perumahan yang dilaksanakan KemenPUPR bukan hanya untuk para prajurit TNI dan PNS Kementerian Pertahanan yang masih aktif bertugas saja, melainkan juga diperuntukkan bagi para purnawirawan dan warakawuri. Salah satu upaya untuk menyediakan hunian yang layak bagi anggota TNI adalah dengan membangun Rusun dan Rusus yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Rusun dan Rusus yang dibangun oleh KemenPUPR, imbuh Syarif, nantinya sudah harus siap huni oleh para anggota TNI serta dilengkapi dengan prasarana dan sarana penunjang seperti jalan masuk ke lokasi serta sudah dialiri saluran listrik dan air bersih. 

“Anggota TNI yang ingin pindah ke Rusun dan Rusus nantinya diharapkan bisa hidup nyaman dan tenang karena seluruh fasilitas, listrik dan airnya sudah ada. Kalau memang perlu dilengkapi dengan meubeuleair nanti bisa dikoordinasikan lebih lanjut,” tandasnya.

Pada 2015, terang Syarif, Ditjen Penyediaan Perumahan setidaknya telah mambangun Rusun untuk anggota TNI sebanyak 89 tower yang tersebar di 77 lokasi. Adapun jumlah unit yang terbangun sekitar 3.230 unit. Sedangkan Rusus yang dibangun sebanyak 1.568 unit dan tersebar di 120 lokasi.

“Rusun dan Rusus yang terbangun berada di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua,” terangnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - ‎Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan terus mendorong


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News