Kabar Gembira untuk Para Penyintas Covid-19 dengan Gejala Ringan

Kabar Gembira untuk Para Penyintas Covid-19 dengan Gejala Ringan
Ilustrasi - Vaksinasi COVID-19. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut Kementerian Kesehatan sudah menerbitkan surat edaran terbaru bernomor HK.02.01/II/2524/2021, tentang Vaksinasi Bagi Penyintas.

Menurut Wiku, para penyintas sebenarnya bisa disuntikkan vaksin Covid-19.

Bagi penyintas dengan gejala ringan bisa menjalani vaksin sebulan setelah dinyatakan sembuh dari virus SARS-Cov-2.

"Dalam surat edaran ini, penyintas Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang, dapat memperoleh vaksin Covid-19 sebulan setelah dinyatakan sembuh," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube akun BNPB Indonesia, Kamis.

Pria bergelar profesor itu melanjutkan, surat edaran juga menyinggung tentang penyintas Covid-19 dengan gejala berat perlu juga menjalani vaksinasi.

Berbeda dengan yang ringan, penyintas Covid-19 dengan gejala berat baru menjalani vaksinasi paling cepat tiga bulan setelah dinyatakan sembuh dari virus SARS-Cov-2.

"Penyintas gejala berat dapat memperoleh vaksin tiga bulan setelah dinyatakan sembuh," ujar Wiku.

Aturan tentang vaksinasi Covid-19 bagi penyintas sebelumnya tertuang di surat keputusan bernomor HK.01.07/Menkes/4638/2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut Kementerian Kesehatan sudah menerbitkan surat edaran terbaru bernomor HK.02.01/II/2524/2021 tentang Vaksinasi Bagi Penyintas. Apa saja poinnya? Silakan disimak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News