JPNN.com

Kabar Gembira untuk Pekerja soal Subsidi Gaji

Kamis, 12 November 2020 – 02:05 WIB
Kabar Gembira untuk Pekerja soal Subsidi Gaji - JPNN.com
Bantuan subsidi gaji pekerja yang berpenghasilan di bawah Rp5 juta. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, TIMIKA - Kepala Bidang Kepesertaan BP JAMSOSTEK Timika Sukardi menyampaikan kabar gembira soal subsidi gaji atau upah dari pemerintah untuk pekerja di daerah itu.

Sebanyak 13.467 pekerja di Kabupaten Mimika, yang sudah terverifikasi oleh Kementerian Tenaga Kerja dalam waktu dekat akan segera menerima bantuan subsidi gaji tahap kedua periode November dan Desember 2020.

Menurut Sukardi, di Mimika terdapat 16.800 data pekerja yang telah dikirim ke BP JAMSOSTEK Pusat di Jakarta dan selanjutnya diteruskan ke Kemenaker untuk mendapatkan bantuan subsidi gaji.

Namun dari jumlah itu, hanya 13.467 pekerja yang lolos verifikasi sebagai calon penerima subsidi dari pemerintah. Namun pihaknya belum mengetahui siapa saja yang sudah menerima transferan subsidi tersebut.

"Kami belum mendapatkan update-nya siapa-siapa yang telah menerima bantuan subsidi upah dan siapa saja yang belum terima, sebab bantuan itu langsung ditransfer ke rekening masing-masing pekerja," kata Sukardi di Timika, Rabu (11/11).

Kepala BP JAMSOSTEK Mimika Verry K Boekan mengatakan, jajarannya hanya bertugas mengumpulkan data peserta calon penerima bantuan subsidi upah. Soal kapan bantuan itu disalurkan, bagaimana proses verifikasi data pekerja oleh Kemenaker, hal itu sepenuhnya menjadi kewenangan kementerian yang dipimpin oleh Ida Fauziyah.

Verry menyebut ada dua kemungkinan seorang pekerja yang sudah dinyatakan lolos verifikasi namun belum menerima bantuan subsidi upah. Di Mimika jumlahnya masih ada 3.000an pekerja.

Penyebab pertama, bisa jadi nomor rekening bank milik pekerja tidak sesuai dengan nama yang tertera dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kedua, ada kemungkinan nomor rekening bank-nya sudah tidak aktif.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra