Kabar Gembria dari Gus Yaqut Buat Santri dari Pesantren Salafiyah

Kabar Gembria dari Gus Yaqut Buat Santri dari Pesantren Salafiyah
Menag Yaqut Cholil Qoumas yang akrab dipanggil Gus Yaqut menyampaikan kabar gembira buat santri dari pesantren salafiyah. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan gembira karena Mesir akhirnya mengakui pendidikan diniyah formal.

Menurut Gus Yaqut sapaan Menag, dalam Sidang Majelis Tinggi Al-Azhar Mesir pada 22 September 2021 diputuskan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) telah mendapatkan muadalah (penyetaraan) ijazah Ma’had Buus Islamiyah Al-Azhar (sederajat SMA).

“Setelah melalui proses panjang, akhirnya ijazah Pendidikan Diniyah Formal yang umumnya diselenggarakan Pesantren Salafiyah mendapat muadalah dari Al-Azhar,” terang Gus Yaqut, dikutip dalam laman Kemenag, Kamis (30/9).

Dengan penyetaraan ini, lanjutnya, santri PDF yang kebanyakan adalah santri pesantren salafiyah bisa melanjutkan pendidikannya ke Al-Azhar, Kairo. Ini menjadi kabar baik sekaligus kado jelang Hari Santri 2021.

Selain Pendidikan Diniyah Formal, muadalah ijazah juga diberikan pada Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta dan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Waryono Abdul Ghafur menilai keputusan ini sebagai kesempatan emas bagi para santri pesantren yang memiliki satuan Pendidikan Diniyah Formal. Mereka bisa menyiapkan diri lebih matang untuk melanjutkan studinya ke salah satu kampus tertua di dunia itu.

Waryono menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 31 tahun 2020, Pendidikan Diniyah Formal adalah pendidikan berbasis pesantren yang diselenggarakan pada jalur pendidikan formal sesuai dengan kekhasan pesantren yang berbasis kitab kuning secara berjenjang dan terstruktur.

Pendidikan Diniyah Formal diselenggarakan dalam bentuk satuan pendidikan ula (dasar), wustho (menengah), dan ulya (atas). Bentuk ula diselenggarakan paling singkat dalam waktu enam tahun, wustho tiga tahun, dan ulya tiga tahun.

Gus Yaqut menyampaikan kabar gembira buat para santri dari pesantren salafiyah karena kini bisa melanjutkan studi ke Universitas Al Azhar Kairo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News