Kabar Terkini Harga Sawit Rakyat, Masih Sedih

Kabar Terkini Harga Sawit Rakyat, Masih Sedih
Harga sawit rakyat belum ada perubahan, salah satunya di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Foto Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Harga sawit rakyat belum ada perubahan.

Mayoritas pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membeli tandan buah segar (TBS) sawit dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga yang dirumuskan pemda.

Adapun harga TBS sawit yang diputuskan, yakni Rp 1.666 per kilogram.

"Kami terus monitor harga sawit, dan saat ini harga sawit di bawah Rp 1.000 per kilogram karena terbatasnya penjualan tandan buah segar kelapa sawit dari daerah ini," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah, dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis (7/7).

Apriansyah mengatakan sembilan dari 10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu belum membeli sesuai harga yang dirumuskan.

Menurutnya, pabrik minyak sawit juga berhenti beroperasi karena tidak ada penjualan CPO keluar daerah.

"PT Sentosa Sejahtera Sejati yang sama sekali tidak ada penjualan dan pabrik ini sudah tutup selama satu bulan," ujarnya.

Apriansyah menyatakan meskipun pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini terbatas menjual CPO keluar daerah, tetapi mereka harus menerima TBS kelapa sawit dari masyarakat petani setempat.

Harga sawit rakyat belum ada perubahan, salah satunya di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News