Kabupaten Puncak Dilanda Kelaparan

Kabupaten Puncak Dilanda Kelaparan
Kabupaten Puncak Dilanda Kelaparan
JAYAPURA -- Bencana kelaparan yang terjadi di Kabupaten Yahukimo, terulang di Kabupaten Puncak, Papua. Kelaparan di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Puncak Jaya itu terjadi di tiga kampung yang terletak di Distrik Agandugume, yakni di Kampung Agandugume, Kampung Juput dan Kampung Juwot. Warga di tiga kampung itu sejak Agustus hingga Oktober 2009 ini hanya mengkonsumsi sayur paku (serupa dengan pakis, sebutan untuk masyarakat Papua), serta labu cina. Mereka masih  menunggu bantuan dari pemerintah berupa beras.

Mirip sekali dengan penyebab kelaparan di Yahukimo, kelaparan di Kabupaten Puncak ini juga dipicu gagal panen ubi jalar, yang diketahui sebagai makanan khas daerah pegunungan tengah. "Sebab bagian dalam dari ubi tersebut busuk dan berair lantaran terkena hujan es. Isi dari ubi jalar tersebut tidak bisa dimakan oleh warga kampung, sebab di dalamnya berair, bahkan lubang-lubang karena terkena hujan es," ujar Kepala Distrik Agandugume, Otinel Murib, saat memberikan keterangan pers bencana kelaparan itu di hotel Mutiara, Kotaraja, Sabtu (17/10). Otinel memberikan keterangan sambil memperlihatkan ubi jalar tersebut kepada wartawan .

Dia menyebutkan, jumlah warga di distrik itu mencapai 12.000 jiwa. Akibat dari bencana kelaparan itu, beberapa masyarakat sudah terkena penyakit seperti kekurangan gizi serta perut cacingan, sehingga untuk sementara masyarakat di sana dilarikan ke RSUD Nabire. Dia menjelaskan hal itu sambil memperlihatkan foto-foto masyarakat yang terkena bencana kelaparan.

Bupati Puncak Simon Alom,S,Sos tidak membantah bencana kelaparan telah melanda wilayahnya. Dia katakan, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah dalam rangka menindaklanjuti bencana tersebut, dengan cara turun langsung mengecek ke lapangan. "Hasilnya memang sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala Distrik Agandugume, untuk itulah saya langsung membawa Kadistrik tersebut untuk menceritakan secara langsung apa yang terjadi di masyarakatnya di sana," katanya.

JAYAPURA -- Bencana kelaparan yang terjadi di Kabupaten Yahukimo, terulang di Kabupaten Puncak, Papua. Kelaparan di kabupaten hasil pemekaran dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News