Kabut Asap Selimuti Selat Sunda, Kapal Merak-Bakauheni Terancam Berhenti Beroperasi

Kabut Asap Selimuti Selat Sunda, Kapal Merak-Bakauheni Terancam Berhenti Beroperasi
Kabut asap di perairan dekat Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Banten Pos/JPG

jpnn.com - SERANG - Kabut asap sudah masuk wilayah Provinsi Banten. Di Perairan Selat Sunda, kabut asap sudah terlihat jelas. Dari kejauhan, beberapa kapal yang tengah menunggu giliran sandar di Pelabuhan Merak tampak tertutup oleh kabut asap.

Salah satu sekuriti pelabuhan yang berjaga sejak pagi hari, Dedi Supriyadi membenarkan adanya perbedaan kondisi udara beberapa hari belakangan. Bahkan, dia mengaku matanya mulai perih. "Kondisinya bisa dilihat Mas, biasanya terang, ini kondisi agak kabut. Apalagi mata kita juga sudah mulai terasa perih," ujarnya, Senin (26/10).

Nakoda KMP Jatra III, Kapten Nanang Aariswibowo membenarkan perihal kabut asap yang belakangan mulai dirasakan. Dia mengaku jarak mulai terganggu. "Saat ini jarak pandang itu cuma dua mil. Kalau dalam kondisi normal, Pelabuhan Bakauheni (Lampung) dari Merak bisa terlihat jelas dengan teropong," ungkapnya.

Mendapati kondisi itu, sambung Nanang, pihaknya langsung meningkatkan upaya pengawasan saat melintas di jalur lintasan penyeberangan. Bahkan, pihak operator pelabuhan, dalam hal ini PT ASDP Merak juga sudah mengeluarkan surat imbauan terkait kondisi tersebut dan meminta nakoda kapal meningkatkan kewaspadaan saat melintas di Perairan Selat Sunda.

"Yang paling parah itu dua hari yang lalu. Saat ini (kabut asap) masih ada, cuma sudah mulai berkurang," ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Merak, Yanus Lentanga ketika dikonfirmasi membenarkan perihal surat imbauan yang dikeluarkan.

"Hari ini kita sudah mengeluarkan surat kepada seluruh nakoda untuk kapal-kapal penyeberangan yang ada di sini, manakala mewaspadai jarak pandang yang mulai terganggu. Bila jarak pandang sudah tidak seperti biasanya, kita imbau agar seluruh alat fungsi navigasi diaktifkan, disamping juga dilakukan pengamatan secara manual," ungkapnya.

Yanus mengatakan, kabut asap sudah mulai merambah di Pelabuhan Merak, dan itu tidak hanya dirasakan oleh para nakoda kapal. Dia juga mengaku sudah mulai merasakan perih di bagian mata belakangan.

SERANG - Kabut asap sudah masuk wilayah Provinsi Banten. Di Perairan Selat Sunda, kabut asap sudah terlihat jelas. Dari kejauhan, beberapa kapal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News