Kader Potensial Ini Dikabarkan Hengkang dari Golkar

Kader Potensial Ini Dikabarkan Hengkang dari Golkar
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - BALIKPAPAN – Mantan calon wali kota Balikpapan di Pilwali 2015, Andi Burhanuddin Solong (ABS) disebut telah hijrah dari Partai Golkar ke Partai Beringin Karya (Berkarya). Bahkan, ABS juga telah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA).

Petinggi DPD I Golkar Kaltim tak menampik, bila memang ABS punya kesibukan di partai lain selain Golkar. Dengan melakukan konsolidasi ke daerah-daerah di Kaltim guna menggaet kader baru. 

Terkait sepak terjang ABS ini, Sekretaris DPD I Golkar Kaltim, Abdul Kadir menilai, mantan anggota DPRD Kaltim itu otomatis dianggap mengundurkan diri dari Golkar.

Hal ini sesuai dengan undang-undang partai politik (parpol) dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Ketika seorang anggota parpol tertentu masuk ke parpol lain, tidak diperbolehkan memiliki keanggotaan dua partai.

"Otomatis undang-undang menggugurkan. Tidak perlu pemecatan dari partai. Berarti otomatis dia mengundurkan diri dari partai pertama untuk pindah ke partai kedua," ucapnya.

Hal ini, kata dia, berdasarkan apa yang bisa dilihat dari kegiatan yang telah dilakukan ABS. Yaitu melakukan konsolidasi Partai Beringin Karya ke kabupaten/kota dengan status kader resmi. "Ini sudah cukup jadi bukti," tegasnya.

Jika ABS benar-benar memutuskan keluar dari Golkar, Kadir mengatakan, pihaknya harus siap menerima. Dia menyebut, berkaca pada dinamika politik, kader bisa datang dan pergi kapan saja. 

Golkar juga tak jarang menerima kader yang menginginkan rujuk setelah sebelumnya memutuskan berpisah. 

BALIKPAPAN – Mantan calon wali kota Balikpapan di Pilwali 2015, Andi Burhanuddin Solong (ABS) disebut telah hijrah dari Partai Golkar ke Partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News