Kadis Dukcapil Akan Jemput Blangko E-KTP ke Jakarta

Kadis Dukcapil Akan Jemput Blangko E-KTP ke Jakarta
E-KTP. Foto: RACHMAD ROMADHANI/RADAR TARAKAN/JPNN.com

jpnn.com, TANJUNG SELOR - Pemprov Kaltara belum juga menerima pasokan blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) untuk kebutuhan perekaman di lima kabupaten/kota tahun ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara, Samuel Parrangan mengatakan, blangko tersebut akan dijemput ke Jakarta dalam waktu dekat ini.

Soal kuota blangko yang akan diambil nantinya mencukupi kebutuhan atau tidak, Samuel tidak dapat memastikannya. Tahun lalu, pihaknya telah mengusulkan 301.031 keping.

“Bulan ini kami ke Jakarta. Berharapnya direalisasi banyak. Mudah-mudahan sekira 10 ribu keping,” jelas Samuel kepada Radar Kaltara (Jawa Pos Group).

Angka itu katanya, sementara waktu diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan perekaman wajib e-KTP di Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan. Menurutnya, pemerintah pusat harusnya dapat mengakomodir semua kabupaten/kota yang ada di Kaltara.

“Tapi setidaknya cukup untuk Bulungan dan Tarakan yang informasinya sudah kosong dan telah menyampaikan itu ke kami,” beber Samuel.

Sementara persentase pembagian untuk Kabupaten Bulungan dan Tarakan akan dilakukan sama rata atau lima ribu keping per daerah.

“Kami bagi rata saja, setidaknya menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan masing-masing daerah,” ujarnya.

Hingga saat ini, pasokan blangko e-kTP belum juga sampai ke Pemprov Kaltara. Kadis Dukcapil akan menjemput ke Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News