KAI Divre III Palembang Mengoptimalkan Penjagaan Aset Perusahaan

KAI Divre III Palembang Mengoptimalkan Penjagaan Aset Perusahaan
KAI Divre III Palembang mengoptimalkan penjagaan aset. Foto: Humas KAI Divre III Palembang.

jpnn.com - PALEMBANG - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang mengoptimalkan penjagaan aset perusahaan agar aset-aset tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Aset yang dimiliki KAI itu berupa aset railwat dan non-railway.

Aset railway ialah yang berkaitan langsung dengan operasional perjalanan kereta api, seperti lokomotif, kereta, gerbong, dan lainnya.  Aset non-railway yaitu yang tidak ada kaitannya secara langsung dengan operasional perjalanan kereta api, di antaranya tanah, rumah perusahaan, dan bangunan dinas.

KAI berkomitmen untuk selalu menjaga seluruh aset yang dimiliki perusahaan agar dapat terus memberikan manfaat bagi KAI dan masyarakat luas,” kata Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti, Jumat (16/2).

Aset tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan dinas, seperti perluasan prasarana dalam pengembangan angkutan batu bara sebagai salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang akan dibangun terminal unloading angkutan batu bara di Kramasan.

Tidak hanya itu, KAI juga melakukan optimalisasi atas aset tersebut dengan cara dikomersialkan, sehingga menjadi produktif dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. 

"Bentuk komersialisasi aset nonrailway tersebut dipergunakan sebagai kantor, tempat usaha, parkir, dan sebagainya," ungkap Aida.

KAI terus melakukan penyertifikatan dan penjagaan untuk mengamankan aset tersebut.

KAI Divre III telah berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Kejaksaan, Kantor Pertanahan masing-masing kota atau kabupaten, juga pihak penegak hukum, untuk mempercepat proses penyertifikatan aset tersebut.  "Kerja sama itu dilakukan dalam rangka pengembalian aset-aset negara yang ada di pihak ketiga,” katanya.

KAI Divre III Palembang terus mengoptimalkan penjagaan aset-aset milik perusahaan. Berbagai langkah terus dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News