JPNN.com

Kaisar Akihito Gelar Perayaan Ultah Terakhir di Istana

Senin, 24 Desember 2018 – 14:41 WIB Kaisar Akihito Gelar Perayaan Ultah Terakhir di Istana - JPNN.com

jpnn.com, TOKYO - Kurang lebih 82.850 penduduk Jepang memadati Imperial Palace, Tokyo, Minggu (23/12). Mereka datang untuk merayakan ulang tahun ke-85 Kaisar Akihito. Itu menjadi perayaan terakhir Akihito sebelum mundur pada 30 April mendatang. Posisinya akan digantikan Pangeran Naruhito.

''Saya ingin berterima kasih kepadanya yang telah membela kami, penduduk Jepang, dan saya ingin dia beristirahat serta menikmati waktunya,'' ujar Kazuyo Toyama, warga Nagoya, Prefektur Aichi.

Perayaan ulang tahun kaisar biasanya ditandai dengan libur nasional. Istana juga dibuka untuk umum selama sehari. Kemarin Akihito menyambut penduduk di balkon istana dengan ditemani Permaisuri Michiko, Naruhito, dan Putri Masako.

Akihito bakal menjadi kaisar pertama pada era modern yang turun takhta. Salah satu alasannya adalah kesehatan. Dia telah menjalani pengobatan kanker prostat serta pernah operasi jantung. Kaisar Jepang yang meletakkan jabatannya kali terakhir terjadi pada 1817. Peletakan jabatan Akihito akan mengakhiri era Heisei yang berarti mencapai perdamaian.

''Tahun baru segera tiba. Saya harap ini akan menjadi tahun yang baik untuk semua orang dan saya berdoa untuk kesehatan dan kebahagiaan kalian,'' ujar Akihito seperti dikutip Japan Times. (sha/c5/dos)

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...