Kalah Pilkada, Mantan Bupati Nisel Jadi Tersangka Suap

Kalah Pilkada, Mantan Bupati Nisel Jadi Tersangka Suap
Kalah Pilkada, Mantan Bupati Nisel Jadi Tersangka Suap
JAKARTA - Satu lagi mantan kepala daerah jadi tersangka korupsi. Hari ini (26/4), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan penetapan mantan Bupati Nias Selatan (Nisel), Fahuwusa Laia, sebagai tersangka korupsi.

Juru bicara KPK, Johan Budi, mengungkapkan, Laia diduga telah menyuap penyelenggara Pilkada saat Kabupaten di Samudera Hindia yang masuk Provinsi Sumatera Utara itu mengelar Pemilihan Bupati. Laia sendiri merupakan calon (indumben) yang diusung Partai Demokrat. "Tersangka diduga memberikan sesuatu kepada penyelanggara negara dalam kaitan dengan pemilihan bupati," ujar Johan di KPK, Selasa (26/7).

Menurutnya, kasus penyuapan itu terjadi pada Oktober 2010. Ada pun besar uang suap hampir Rp 100 juta. "KPK sudah cukup lama melakukan penyelidikan dan mengantongi bukti cukup untuk menaikkan ke penyidikan dan menetapkan FL sebagai tersangka. Uangnya sudah kami sita," lanjutnya.

Atas perbuatan tersebut, Laia dijerat dengan pasal 5 ayat (1) dan/atau pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001.

JAKARTA - Satu lagi mantan kepala daerah jadi tersangka korupsi. Hari ini (26/4), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan penetapan mantan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News