Kalau Pak Buwas Cocoknya Jadi Menteri Apa Ya?

Kalau Pak Buwas Cocoknya Jadi Menteri Apa Ya?
Budi Waseso. Foto: Miftahulhayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Isu reshuffle kabinet menguat oleh Presiden Joko Widodo pascalebaran 2019 ini. Sejumlah nama digadang-gadang cocok untuk masuk kabinet. Tak terkecuali Direktur Utama Bulog Budi Waseso alias Buwas. Anggota DPR dan pengamat pun menakar peluang Buwas jika menjadi menteri.

Pengamat politik UPH Emrus Sihombing menilai Buwas sangat berpotensi duduk di Kementerian Pertanian. Buwas, kata dia, mampu membuktikan roadmap-nya menghentikan impor produk pangan.

"Misalnya, produksi beras Bisa digenjot. sampai triwulan keempat bisa setop. Kalau disajikan bagus, bisa saja Jokowi mempertimbangkan jabatan itu untuk Buwas," kata Emrus saat dihubungi, Sabtu (19/5).

Baca: Hendropriyono Siap Pinjamkan Ratusan Anjing Terlatih Bantu Pengamanan 22 Mei

Emrus melanjutkan, roadmap jelas, disajikan ke publik biar dikaji bersama agar masyarakat juga menilai layak atau tidak. Menurut dia, Buwas sudah menyajikan roadmap di bidang pertanian.

"Katakanlah dua tahun kita setop impor bawang putih, gandum setop impor karena produksi bagus," katanya.

Meski begitu, Emrus mengingatkan reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR Fraksi PDIP Ono Surono mengatakan, sejauh ini kinerja Mentan Amran Sulaiman sudah cukup baik terkait pasokan jelang lebaran seperti daging dan beras. Namun, yang menjadi kendala adalah bawang putih.

Isu reshuffle kabinet menguat oleh Presiden Joko Widodo pascalebaran 2019 ini. Sejumlah nama digadang-gadang cocok untuk masuk kabinet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News