Kali Ini Sandiaga Cekatan Tanggapi Temuan Ombudsman

Kali Ini Sandiaga Cekatan Tanggapi Temuan Ombudsman
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat melayat ke rumah Probosutedjo, Senin (26/3). Foto: Elfany Kurniawan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan akan memproses temuan Ombudsman RI terkait malaadministrasi penerbitan 62 sertifikat hak milik (SHM) dan 14 sertifikat hak guna bangunan (SHGB) yang diterbitkan Kantor Pertanahan Jakarta Utara.

"Kami hari ini secara resmi menerima laporan akhir hasil pemeriksaan Ombudsman, Kantor Perwakilan Jakarta Raya berkaitan dengan penertiban SHM dan SHGB di Pulau Pari," kata Sandi di Kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Senin (9/4).

Meski yang dilaporkan adalah Kantor Tanah Jakara Utara dan Kementerian ATR/BPN, Sandi mengaku Pemprov DKI Jakarta akan mengevaluasi hal itu.

Sandi juga melihat ada beberapa rekomendasi korektif dari Ombudsman yang harus dilaksanakan Pemprov DKI dalam mengawasi penerbitan surat tanah.

Ombudsman, lanjut Sandi, juga mengharapkan Pemprov DKI membangun area pariwisata dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

"Bagaimana juga, kami ingin memastikan lingkungan hidup di Pulau Pari ini terjaga dengan baik. Dan juga bagaimana nanti ke depan inventarisasi dari aset-aset milik Pemprov DKI di kawasan Kepulauan Seribu untuk membangun kawasan pembangunan berbasis eco-tourism," jelas dia.

Sandi mengapresiasi Ombudsman RI yang terus mengawasi pembangunan ibu kota. Namun, Sandi tidak mau bicara banyak soal langkah selanjutnya. Sebab, saat ini pihaknya masih mempelajari temuan Ombudsman itu.

"Kami juga melihat investornya harus ada kepastian hukum tapi juga melibatkan masyarakat. Jadi itu yang nanti akan menjadi langkah selanjutnya dari Pemprov DKI," kata Sandi. (tan/ jpnn)


Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan akan memproses temuan Ombudsman RI terkait malaadministrasi penerbitan 62 SHM dan 14 SHGB di Jakarta Utara


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News