Kaltara Diprediksi Gempa Besar Tiap 50 Tahun

Kaltara Diprediksi Gempa Besar Tiap 50 Tahun
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - TARAKAN – Gempa besar diprediksi akan menggoyang Kalimantan Utara setiap 50 tahun. Gempa itu disebabkan pergerakan sesar aktif karena proses geologi alami.

“Memang sudah geologinya Kalimantan begitu. Di wilayah Kalimantan Utara ini ada tiga sesar aktif yang besar. Ini ada siklusnya. Seperti kalau di Aceh itu 250 tahun sekali. Estimasi untuk wilayah Kalimantan ini 50 tahun atau 100 tahun untuk

pengumpulan energi yang kemudian dilepaskan lalu menyebabkan gempa,” terang Kepala BMKG Balikpapan Mujianto, Rabu (23/12) kemarin.

Saat ini memang sudah terpasang program yang bisa membaca gempa secara lebih detail. Namun, Mujianto menegaskan, BMKG hanya monotoring, bukan prediksi.

“Begitu ada getaran baru bisa dianalisa. Kalau tidak ada getaran tidak ada yang dianalisa. Kalau tsunami bisa diprediksi dengan dasar goncangan atau gempa yang kuat, tapi kalau gempa tidak ada,” ungkap Mujianto. (ash/jos/jpnn)

 

 


TARAKAN – Gempa besar diprediksi akan menggoyang Kalimantan Utara setiap 50 tahun. Gempa itu disebabkan pergerakan sesar aktif karena proses


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News