Kalteng Minta Moratorium PNS Ditunda

Kalteng Minta Moratorium PNS Ditunda
Kalteng Minta Moratorium PNS Ditunda
PALANGKARAYA– Wacana moratorium (penghentian sementara) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) mendapat reaksi beragam dari pemerintah kabupaten/kota di Kalteng. Namun sebagian besar daerah di Kalteng ramai-ramai meminta moratorium CPNS untuk Kalteng ditunda, khususnya untuk tahun ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, Siun Jarias tidak menampik hal itu. Menurut Siun, seluruh kabupaten/kota sudah mengajukan usulan penambahan penerimaan pegawai untuk tahun 2011/2012. Ditambah lagi, berdasarkan analisa kebutuhan pegawai, Kalteng dengan delapan daerah pemekaran baru, dan jumlah PNS sekitar 19 ribu PNS, masih tetap memerlukan ratusan tenaga pemerintahan yang baru atau CPNS baru.

Hal yang paling diperlukan sekarang ini adalah tenaga guru, kesehatan, dan tenaga di beberapa bidang lainnya. Sehingga, moratorium harus diartikan tetap memberikan kemungkinan kepada daerah yang betu-betul membutuhkan tenaga PNS. Sebab, bisa menjadi masalah besar di daerah dalam peningkatan pelayanan.

Oleh karenanya, terkait dengan usulan penundaan ini, Sekda Kalteng meminta pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, tetap meminta pertimbangan kepada daerah untuk memutuskan apa yang harus diambil.

PALANGKARAYA– Wacana moratorium (penghentian sementara) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) mendapat reaksi beragam dari pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News