Kampanye Iklim Buka Celana

Kampanye Iklim Buka Celana
Para aktivis di dalam subway. Foto: AP.
GUANGDONG - Aksi para aktivis kerap kali bisa mencengangkan atau malah aneh, jika tak sekadar lain dari yang lain. Salah satu contohnya adalah seperti yang dilakukan sekitar 20-an orang pengkampanye masalah perubahan iklim di China ini. Mereka memutuskan membuka celana dan hanya memakai celana dalam, demi menyampaikan pesan soal pentingnya gaya hidup rendah karbon, khususnya di China sebagai penghasil emisi karbon tertinggi saat ini di dunia.

Kelompok environmentalis itu, yang diberitakan sebelumnya tak saling kenal satu sama lain, terdiri dari laki-laki dan perempuan. Seperti dirilis situs The Guardian, Selasa (19/1) pagi WIB, mereka menaiki sebuah angkutan subway di Guangdong, dengan penampilan minimalis - hanya lengkap di bagian atas namun 'minim' di bagian bawah.

Kontan, para penumpang lain terbelalak dan hanya bisa menatap keberadaan mereka. Para aktivis itu sendiri berlaku seolah-olah seperti dalam perjalanan lazimnya, mengambil tempat duduk dan bertindak bak penumpang 'normal'. Mereka ada yang membaca koran, atau malah asyik mendengarkan musik. Mereka diberitakan sempat berada dalam angkutan itu selama kurang lebih 40 menit, sebelum akhirnya turun bersamaan.

Aksi kampanye ini disebutkan dikoordinir melalui jaringan internet, serta terinspirasi dari aksi sejenis yang pernah juga dilakukan di Inggris dan AS. Kelompok pengorganisir menamakan diri mereka Improv Everywhere. Kendati tergolong kecil dalam skala aksinya, tindakan ini termasuk tak lazim di China. Langka dalam hal aktivitas protes lingkungan, maupun soal sikap keras aparat terhadap tindakan mempertontonkan bagian tubuh sensitif di depan publik, sebagaimana juga terhadap demo yang bermuatan politis.

GUANGDONG - Aksi para aktivis kerap kali bisa mencengangkan atau malah aneh, jika tak sekadar lain dari yang lain. Salah satu contohnya adalah seperti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News