Kampanye Lingkungan dan Budaya dengan Sepeda Onthel

Kampanye Lingkungan dan Budaya dengan Sepeda Onthel
Kampanye Lingkungan dan Budaya dengan Sepeda Onthel

jpnn.com - ADA banyak cara untuk menunjukkan rasa cinta terhadap tanah air sekaligus mengenang jasa-jasa para pendiri bangsa. Salah satunya adalah menggemari sepeda genjot, moda transportasi yang digunakan para pendiri bangsa.

Nah, di Cirebon ada Komunitas Onthel yang anggotanya menggunakan sepeda genjot untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hari ini (4/1), komunitas itu menggelar acara "Go West Onthel Mencari Cinta" di Kota Cirebon.  

Menurut pendiri Komunitas Onthel Cirebon, Edi Darma Pohan, tema cinta sengaja diangkat pada acara itu. "Karena sesungguhnya salah satu yang hilang di bangsa kita ini adalah cinta. Cinta tanah air, cinta orang tua, cinta sesama bahkan cinta lingkungan," ujarnya.

Edi mengatakan, sepeda onthel dalam sejarahnya pernah menjadi kendaraan yang penting bagi para pejuang bangsa di masa lalu. "Bahkan Bung Karno dan Ibu Fatmawati tidak bisa melupakan onthel dalam kisah cinta mereka," ucap pria yang akrab disapa dengan panggilan Kang Edi itu.

Karenanya, Komunitas Onthel bersama anggota masyarakat lainnya bersepeda dengan menyinggahi kawasan berwisata bersejarah di Cirebon. Selain itu, Komunitas Onthel juga melakukan aksi penanaman bibit pohon.

Edi berharap even itu bukan hanya memberi pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya mencintai tanah air dan tokoh-tokoh bangsa. Ia juga berharap upaya itu memberi kesadaran tentang pentingnya mencintai budaya dan lingkungan.

Hadir pula dalam kesempatan itu anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Masykur Musa. Edi menambahkan, Ali diundang hadir ke acara itu karena kapasitasnya sebagai anggota BPK yang banyak bergelut dengan persoalan lingkungan. "Beliau juga sangat peduli akan kelestarian budaya dan sejarah di negeri ini, termasuk menjaga kelestarian sejarah di tanah Cirebon," ucap Edi seraya berharap upaya Ali mengikuti konvensi calon presiden di Partai Demokrat bisa berharil.(jpnn)


ADA banyak cara untuk menunjukkan rasa cinta terhadap tanah air sekaligus mengenang jasa-jasa para pendiri bangsa. Salah satunya adalah menggemari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News