Kang Emil Targetkan 2023 Semua Desa di Jabar Punya BUMDes

Kang Emil Targetkan 2023 Semua Desa di Jabar Punya BUMDes
Gubernur Jabar Ridwan Kamil membuka simposium kolaborasi dan sinergi BUMN-BUMD-BUMDES Jawa Barat di Hotel Preanger, Kota Bandung. Foto: Humas Pemprov Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan tahun 20223 seluruh desa sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ini dilakukan agar perputaran ekonomi desa di Jabar bisa lebih maju lagi.

Pria yang karib disapa Kang Emil itu mengatakan BUMDes ini akan berkolaborasi dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Menurut Emil, selama kepemimpinannya, sudah ada sekitar 1.400 BUMDes yang lahir dari total 5.300 desa di Jabar.

"Selama saya memimpin ada sekitar 1.400 BUMDes lahir. Isyaallah di dua tahun kami kebut sehingga semua desa punya badan usaha," kata Kang Emil melalui keterangan resminya, Sabtu (27/11).

Menurut dia, setelah terbentuk, BUMDes ini akan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kelompok ini disesuaikan dari beberapa omzet yang didapat dari BUMDes tersebut.

"Kami ingin ada lompatan. Apa kami buat tingkatan, misalkan kalau bintang dua itu di bawah 10 juta (omzet), kalau bintang lima omzetnya miliaran supaya omzetnya bintang lima," jelasnya.

Menurut Emil, dengan BUMDes, maka upaya untuk mewujudkan desa sebagai ekonomi masa depan semakin dekat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Emil menargetkan tahun 2023 semua desa sudah punya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar perputaran ekonomi di desa lebih maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News