Kanker Serviks, Datang Tanpa Tanda-Tanda

Kanker Serviks, Datang Tanpa Tanda-Tanda
Kanker Serviks, Datang Tanpa Tanda-Tanda
KANKER serviks (leher rahim) merupakan jenis kanker yang tidak menular. Namun tidak jarang akibat mengidap kanker serviks wanita harus kehilangan nyawanya. Penyakit ini sulit dideteksi secara dini karena sebagian besar wanita malu dan tabu. Demikian disampaikan Buchary A Rachman, saat ditemui di Hotel Mercury, pada Sabtu (3/11).

ADONG EKO, Pontianak

Buchary mengatakan, munculnya kanker serviks biasanya ditandai dengan gejala-gejala dini yang tidak disadari perempuan, seperti pendarahan, keluar keputihan dan berbau. Namun, sayangnya kebanyakanya perempuan enggan memeriksakan kesehatan reproduksinya.

“Perempuan lebih mengutamakan perawatan kecantikan, ketimbang kesehatan reproduksi,” kata doktor yang pernah menjabat Wali Kota Pontianak selama dua periode itu. Buchary menjelaskan banyak faktor yang menyebabkan perempuan mengidap kanker serviks diantaranya menikah pada usia muda, berganti-ganti pasangan, mempunyai banyak anak, dan infeksi virus pada reproduksi. Infeksi virus seperti yang terdapat pada kulit kelamin.

KANKER serviks (leher rahim) merupakan jenis kanker yang tidak menular. Namun tidak jarang akibat mengidap kanker serviks wanita harus kehilangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News