Kantor Polisi Ini Terima Laporan Via Facebook, Penjahat Jalanan Pun Banyak Diringkus

Kantor Polisi Ini Terima Laporan Via Facebook, Penjahat Jalanan Pun Banyak Diringkus
Kantor Polisi Ini Terima Laporan Via Facebook, Penjahat Jalanan Pun Banyak Diringkus

jpnn.com - BATAM - Polresta Barelang kini memiliki akun Facebook untuk menampung informasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Mapolresta Barelang. Dua bulan aktif, media sosial itu sudah berhasil membantu pengungkapan sejumlah kasus kriminal di Kota Industri ini.

Memasuki awal tahun 2015 lalu, Indonesia dihebohkan dengan ulah komplotan kriminal jalanan geng motor. Dengan senjata tajam mereka meneror, merampas motor dan harta lainnya di jalanan, bahkan mereka tega membunuh korbannya dengan sadis.

Di daratan Pulau Jawa mereka disebut begal. Di Batam geng motor ini banyak dimotori oleh remaja yang putus sekolah maupun yang masih aktif sebagai pelajar. Sejak awal tahun, kriminal jalanan (street crime) mulai merajalela di Batam. 

Sebelum geng motor meneror warga Batam di awal Februari lalu, pengguna jalan di Kota Batam sering berhadapan dengan pelaku jambret, pecah kaca mobil hingga perampokan bermodus gembos roda kendaraan.

Beberapa di antaranya berhasil diungkap, namun sebagian besar aksi para pelaku lolos dari pantauan dan kejaran polisi.

Untuk mempermudahkan dan mempecepat informasi kepada kepolisian, polisi Polresta Barelang yang dikomandoi oleh Kombes Pol Asep Safrudin ini, akhirnya memanfaatkan media sosial (medsos) yang beberapa tahun belakang populer di dunia. Medsos yang dipilih Polresta Barelang adalah Facebook. 

Mereka langsung membuat empat akun Facebook sekaligus, yaitu Polresta Barelang, Polresta Barelang Batam, Sat Sabhara Polresta Barelang dan Satlantas Polresta Barelang.

Empat akun Facebook tersebut menjadi gerbang penyambung informasi antara polisi dan warga Batam. Keempatnya kini sama-sama memiliki friend mencapai 1.500 orang setiap akunnya. Jumlah ini sudah diambang batas pertemanan Facebook.

BATAM - Polresta Barelang kini memiliki akun Facebook untuk menampung informasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Mapolresta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News