Kantor Samsat Sesak Bukan Semata Tarif STNK-BPKB Naik

Kantor Samsat Sesak Bukan Semata Tarif STNK-BPKB Naik
Warga antre di Kantor Samsat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kantor Samsat Nunukan Dinas Pendapatan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang terletak di Jalan Makam Pahlawan Kelurahan Nunukan Barat, Kecamatan Nunukan, disesaki warga untuk mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)

Namun, Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Nunukan AKP Abu Sangit berpendapat, melonjaknya warga dimaksud bukan semata dipicu naiknya tariff pengurusan STNK dan BPKB, yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60/2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Namun, karena adanya jeda pelayanan yang mengalami libur panjang, juga memicu warga membeludak.

Dikatakan, jika hari biasa hanya melayani 20-30 pemohon, menjelang kenaikan tarif kemarin itu sampai 745 pemohon. Nah, untuk Jumat (6/1) tampaknya tidak banyak juga.

“Apalagi hari Jumat, pelayanan kantor hanya setengah hari. Jadi, tidak banyak pemohon,” ungkapnya.

Di sisi lain, kebijakan pemerintah menaikkan tarif pengurusan surat kendaraan bermotor (STNK) hingga tiga kali lipat mendapat protes warga.

Ramlan, warga Pasar Baru Kelurahan Nunukan Utara ini mengatakan, dirinya merasa ada yang kurang tepat dilakukan pemerintah.

Sebab, kondisi ekonomi yang saat ini sedang merosot justru dibebani dengan pembiayaan tarif pengurusan STNK-BPKB yang begitu mahal.

Kantor Samsat Nunukan Dinas Pendapatan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang terletak di Jalan Makam Pahlawan Kelurahan Nunukan Barat, Kecamatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News