Kantor Transisi, Prakondisi Pemerintahan Jokowi-JK

Kantor Transisi, Prakondisi Pemerintahan Jokowi-JK
Kantor Transisi, Prakondisi Pemerintahan Jokowi-JK

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulloh Gun Gun Heryanto dengan tegas mengapresiasi langkah terobosan Jokowi membentuk Kantor Transisi.

Dia pun menerangkan ada dua konteks yang bisa disikapi dari peresmian kantor transisi itu. Pertama, bisa menjadi prakondisi pemerintahan Jokowi-JK sebelum dilantik 20 Oktober mendatang.

Prakondisi ini penting bukan hanya menyiapkan mental siap kerja tetapi juga menyiapkan lebih teknis turunan konsep besar dan blue print pemerintahan Jokowi yang sudah disosialisasikan sejak masa kampanye pilpres.

"Kedua, kantor transisi ini penting sebagai pematangan konsolidasi pembentukan pemerintahan baru," ucapnya di Jakarta, kemarin (4/8).

Selain itu, Gun Gun juga menjabarkan ada tiga  agenda strategis yang harus dicapai oleh fase transisi Jokowi. Yakni, agenda pembentukan kabinet dengan formulanya yang paling minim resiko mendapat penentangan masyarakat.

"Maksud saya, bagaimanapun simpul kekuatan Jokowi-JK ada pada harapan publik bukan semata-mata partai pendukungnya. Jadi, agenda awal yang harus dijawab adalah postur kabinet yang harus menjawab harapan publik. Oleh karenanya, kantor transisi harus mematangkan ini untuk kesiapan Jokowi-JK memimpin perbaikan Indonesia 5 tahun ke depan," jelasnya.

Kedua, kantor transisi harus menyusun formula prioritas agenda pemerintahan 5 tahun dengan pendekatan CFR (conclusion, finding, recommendation).

"Tabulasi persoalan saya yakin sudah ada di saku Jokowi dan Tim. Nah saatnya sekarang tim transisi membuat prioritas mana yang akan dimasukan ke prioritas jangka pendek, menengah dan panjang. Tim transisi harus merekap ulang janji-janji Jokowi-JK selama kampanye untuk bisa direalisasikan," terangnya.

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulloh Gun Gun Heryanto dengan tegas mengapresiasi langkah terobosan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News